Gunung Malabar

Jalur turun dari gunung puntang


Pemandangan dari puncak
Pemandangan ke air terjun



Pemandangan gunung puntang dari puncak

Terletak di selatan kota Bandung, merupakan tipe pegunungan dengan beberapa puncak, puncak tertinggi puncak malabar, puncak lainnya yaitu puncak puntang, puncak mega, puncak haruman...
untuk mencapai gunung ini dari bandung naik angkot jurusan banjaran, lalu naik angkutan desa sampai buper puntang...nah dari sini perjalanan panjang dimulai..sebenarnya cukup bingung untuk menentukan letak dari puncak malabar bila tidak ada orang yang mengetahui medan gunung ini, saya sendiri pernah salah jalan beruntung tidak sampai tersesat.

Puncak malabar memiliki ketinggian 2343 mdpl. dari buper kita mengikuti jalur setapak menuju puncak gunung puntang. selesai melewati puncak puntang kita akan melewati jalur menurun yang di kanan kirinya terdapat jurang, jarang dilewati dan berbahaya bagi yang kurang pengalaman mendaki gunung, karena kecerobohan sekecil apapun disini akan berakibat fatal..stelah melewati lembah jalanan akan menanjak sampai ke puncak berikutnya..

Di puncak ini saya tidak menemukan titik triangulasi tapi berdasarkan peta topografi puncak malabar disini. dari puncak ini saya bisa melihat gunung puntang dan air terjun sementara disebelah kiri pemandangan dipenuhi hutan .saya pernah mencoba mencari titik puncak yang lain hanya saja dari jalur ini jalan sudah banyak yang tertutup sehingga lebih menyulitkan. dan karena keterbatasan waktu itu saya memutuskan untuk turun gunung lewat jalur arjasari sehingga tidak melewati lagi jalur gunung puntang.

6 komentar:

jangyudi mengatakan...

halo kang, salam kenal.
numpang nanya nih, kalo menuju puncak malabar yang apling gampang dan dekat tuh lewat kampung mana yah ?..

nuhun

Andry Wibowo mengatakan...

Saya ada rencana akhir maret ke malabar, mohon info tentang naek mobil apa jurusan apa dari sumedang-cibiru.
terus mohon info jalurnya juga!
memungkinkan ngga perjalannya kalo ngcamp cuma semalam.. trim

Petrus Soni mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yulian Pembelajar mengatakan...

maap gan, ane berencana mau kesana tapi belum pernah sebelumnya dan gda kenalan ane yg pernah kesana. nah, kira2 untuk pemula treknya gimana? gampang ngga? antara malabar-besar-sama puncak mega, lebih mudah mana jalurnya?

Unknown mengatakan...

gan nuhun urang asa teu ngarti :(

Unknown mengatakan...

pos pendakian nya di mana gan?

Posting Komentar