Gunung Gede Pangrango

Puncak Gunung Pangrango terlihat dari puncak Gede

Gunung Pangrango

Sunrise di puncak Gede

Gunung Gede Pangrango sebetulnya 2 gunung yang berbeda terdiri dari 2 gunung yaitu gunung Gede (2958 mdpl) dan Gunung Pangrango(3019mdpl), dikarenakan jaraknya yang berdekatan pengelolaannya disatukan dibawah Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung Gede termasuk gunung yang ramai didaki terlebih di hari libur hanya saja pendakian dibatasi per harinya 600 orang.
Gunung Gede pangrango memiliki keadaan alam yang khas, yang menjadikannya sebagai laboratorium alam dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer, gunung Gede Pangrango juga memiliki keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna serta ekosistem yang terdiri dari hutan submontana, montana, subalpin, serta danau, rawa, dan savana.

Gunung Gede Pangrango berada diwilayah 3 kabupaten yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi, jarak dari Jakarta kurang lebih 100 km sedangkan dari Bandung kurang lebih 89 km. untuk mencapai puncak Gede dan pangrango terdapat 3 jalur resmi yaitu Cibodas, Gunung putri (cipanas) dan Salabintana(Sukabumi), untuk yang baru pertama kali naik gunung Gede saya sarankan lewat jalur cibodas, dikarenakan jalur ini cukup ramai dan jalan sampai puncak gede sudah jelas, selain itu jalur dari mulai pos 1 sampai pos kandang badak tidak terlalu menguras tenaga.

Untuk perizinan pendakian gunung Gede Pangrango bisa dilakukan ditempat atau lewat booking online, saya sarankan lewat booking online. Untuk jalur cibodas dari jakarta kita bisa naik bis jurusan Bandung-Jakarta, Garut-Jakarta yang ekonomi, kemudian turun di cibodas, dari sini kita bisa naik angkutan umum sampai ke depan kantor balai TNGP, atau bisa juga naik ojek. selesai mengurus administrasi langsung mengikuti jalan stapak menuju pos 1 disini biasanya ad pemeriksaan lagi, cukup tunjukan surat dari kantor TNGP..

Jarak sampai ke puncak Gede dari pos 1 kira2 10 km, dari pos 1 ke pos 2 Talaga biru kira2 15 menit, di pos 3 Panyangcangan ada pertigaan kita ambil jalur kiri, jalur lurus merupakan jalan ke air terjun cibeureum. dari pos 3 ke pos 4 air panas kira2 2 jam perjalanan, dari pos air panas ke pos selanjutnya yaitu pos kandang batu kira2 10 menit selanjutnya pos kandang badak disini kita bisa mengisi persediaan air selain itu mempersiapkan kondisi fisik karena setelah ini jalur akan melewati tanjakan sampai ke puncak.

Di pos kandang badak ke atas sedikit ada persimpangan lagi ke kanan adalah jalur ke puncak gunung Pangrango sedangkan ke kiri adalah jalur ke puncak gunung Gede. kita ambil jalur kiri, Setelah melewati persimpangan jalanan akan terus menanjak dengan kemiringan 45 derajat, kira2 2 jam kita bisa mencapai puncak gunung gede, disarankan untuk tetap di jalur serta tidak melewati kawat pembatas karena di sebelah kiri, karena menjelang puncak di sebelah kiri kita dalah kawah Gunung Gede.

Sampai di puncak bila hari sedang cerah kita bisa melihat pemandangan indah di bawah kita, dari cipanas, bogor, sampai jakarta. Selanjutnya dari puncak ke arah selatan kita bisa melihat hamparan alun2 suryakencana. Untuk mencapainya kira 15 mnt turun dari puncak