Gunung Cikuray


Pemandangan dari puncak Cikuray

Gunung Papandayan terlihat dari puncak Cikuray





Gunung Cikuray terletak di kabupaten Garut, memiliki ketinggian 2820 mdpl. Merupakan gunung tertinggi ke 4 di jawa barat setelah Ciremai, Pangrango, dan Gede. Bukan merupakan gunung berapi jadi di atas kita tidak akan menemukan kawah yang menjadi ciri khas gunung berapi.
Ada 2 jalur yang sering digunakan untuk pendakian yaitu jalur bayongbong,cikajang, dan jalur dayeuh manggung(pemancar). Jalur bayongbong dan cikajang di perbatasan hutan dan perkebunan petani akan menyatu. Jalur ini memerlukan waktu yang lebih cepat mencapai puncak akan tetapi jalur ini lebih terjal dibanding jalur pemancar. Jalur Dayeuhmanggungg sepanjang jalan dari dayeuh manggung sampai pemancar kita akan menikmati pemandangan perkebunan teh.
Untuk mencapai Gunung Cikuray dari Bandung biasanya menggunakan bis ke arah Garut, atau bisa juga naik bis/minibus jurusan Tasikmalaya yang lewat jalur Singaparna turun di PTPN Dayeuhmanggung. Bila menggunakan jurusan Bandung-Garut turun di terminal Guntur kita naik angkutan jurusan term.Guntur-Bojongloa dan turun di PTPN Dayeuh Manggung.
Tiba di PTPN, untuk mencapai pemancar bisa menggunakan ojek, jalan kaki( jaraknya lumayan jauh). Selain dari dayeuhmanggung ada alternatif lain bagi yang ingin jalan yaitu dari desa pasanggrahan dan desa cigrungsang dengan patokan sama ke arah pemancar. Sampai di pemancar kita bisa mengisi persediaaan air dengan menuruni lembah di sebelah kiri, disini terdapat sebuah sungai.
Dari pemancar perjalanan ke puncak Cikuray kurang lebih 4 jam. Sebelum puncak di ketinggian kira-kira 2400mdpl kita akan menemukan puncak bayangan, Tiba di puncak ada sebuah bangunan yang masih berdiri sampai sekarang.
Pemandangan di puncak sungguh indah,kita bisa melihat pemandangan kota Garut di seebelah utara. Bila hari sedang cerah ke arah barat laut kita bisa melihat gunung Tangkuban Perahu dan gunung Burangrang, sebelah barat kita bisa melihat pemandangan gunung Papandayan dan kawahnya, sebelah timurlaut kita bisa melihat gunung Ciremai. Sebelah timur di kejauhan kita bisa melihat gunung Slamet di jawa tengah, sementara pemandangan ke arah selatan kita bisa melihat hamparan laut samudera hindia memanjang.
Waktu yang baik untuk melihat pemandangan di puncak biasanya selepas sunrise sampai kira2 jam 11 siang, lewat dari itu biasanya kabut sudah mulai naik menutupi permukaan gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar